tips menyimpan daging ayam

tips menyimpan daging ayam

Setelah membeli daging ayam, kita belum tentu langsung mengolahnya menjadi masakan. Terkadang kita menyimpan daging ayam tersebut terlebih dahulu. Untuk tetap menjaga kesegaran dan keawetan daging ayam, ada baiknya kita tidak menyimpan daging ayam dengan sembarangan. Demikian adalah tips menyimpan daging ayam agar awet.

Tips Menyimpan Daging Ayam

Daging ayam disimpan dalam waktu lama menggunakan 2 cara, yaitu secara mentah atau matang. Untuk daging ayam, apabila ingin disimpan dalam keadaan mentah, saat membeli di pasar, pilihlah ayam yang masih segar atau jika perlu yang baru saja di potong, lalu pisahkan antara jeroan dan daging ayamnya. Cuci bersih daging ayam (pastikan sudah tidak ada bulu yg tersisa), setelah itu taruh di wadah yang memiliki lubang agar air sisa pencucian bisa turun. Setelah itu ayam bisa dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat dan simpan di bagian freezer khusus daging agar aroma tidak tercampur dengan makanan lain.

Apabila ingin memasaknya, keluarkan daging ayam dari freezer dan diamkan hingga tidak beku dan dapat diolah sesuai selera. Apabila ingin disimpan dalam keadaan matang, ayam bisa diolah (diungkep) dengan bumbu (campuran bawang putih, lada, ketumbar, kunyit, daun salam). Ungkep ayam dengan api kecil agar bumbu meresap. Setelah matang, biarkan hingga dingin dan dapat disimpan dalam wadah tertutup serta dimasukkan ke freezer. Cara ini praktis untuk menu sahur bulan Ramadhan karena ayam bisa langsung digoreng dalam waktu singkat (sudah matang saat diungkep).

Tips tambahan:

  • Ayam yang sudah dibersihkan, boleh disimpan di dalam wadah tertutup rapat dan taruh di freezer. Bisa juga disimpan sambil direndam bumbu supaya bisa langsung diolah ketika dibutuhkan. Di dalam freezer, ayam bisa bertahan hingga 1 (satu) bulan.
  • Jika menyimpan ayam di dalam freezer, cairkan dengan cara memindahkannya ke dalam kulkas semalaman.
    Jangan rendam ayam di dalam air.
  • Simpan ayam di dalam wadah kedap udara atau plastik dan sesuaikan porsinya. Ayam yang dicairkan berulang kali akan kehilangan sebagian nutrisinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *